Terowongan ini merupakan terowongan terpanjang yang dapat digunakan untuk keperluan transportasi manusia di dunia saat ini (Pebruari 2010). The Seikan Tunnel dibuka pada 13 Maret 1988, setelah menghabiskan waktu sekitar 17 tahun serta
menelan biaya sebesar ¥ 538.4 milyar (US $ 3,6 miliar) untuk pembangunannya. The Seikan Tunnel merupakan terowongan yang melintasi Selat Tsugaru serta menghubungkan 2 pulau di Jepang, yakni pulau Honshu dan Pulau Hokkaido. Keunikan dari terowongan ini adalah letaknya yang sepanjang 23,3 kilometer (14,5 mil) berada di bawah dasar laut.Meskipun telah dirancang sedemikian baik, namun karena masalah kecepatan serta ongkos transportasi, kebanyakan penumpang angkutan umum di Jepang lebih memilih menggunakan transportasi udara ketimbang terowongan Seikan.
My Opinion:
Dahsyat!!!!!!
Salut banget buat bangsa Jepang.
Sehabis jor-joran waktu telak pas perang dunia II, mereka bisa tetep semangat untuk bangkit membangun negerinya.
Terowongan Seikan ini salah satu buktinya. Bayangin aja, awal tahun 1988 (penulis masih di kandung badan) waktu kita baru punya 1 stasiun Televisi alias TVRI (Televisi Republik Indonesia), mereka udah berhasil membuka terowongan terpanjang di dunia yang sampai saat tulisan diterbitkan belum ada tandingannya.
Walau begitu, saya pribadi juga tidak bermaksud mengecilkan usaha bangsa kita Indonesia.
Buktinya pada kisaran tahun dibangunnya Seikan Tunnel , bangsa ini juga tengah melaksanakan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang ke III di periode 1984/1985 – 1988/1989, pada periode tersebut bangsa kita sedang mengkhususkan salah satu rencana pembangunannya dalam Program peningkatan/pembangunan jalan.
Meski pun agak terlambat dibanding negara kawan yang satu ini (toh mreka juga pernah menikmati kekayaan negara kita lewat pen*******nya yg berdurasi 3.5 tahun), pokonya kita harus semangat!!!!!
Saya percaya (harus), bangsa kita pasti bisa!!!!!!
Salut banget buat bangsa Jepang.
Sehabis jor-joran waktu telak pas perang dunia II, mereka bisa tetep semangat untuk bangkit membangun negerinya.
Terowongan Seikan ini salah satu buktinya. Bayangin aja, awal tahun 1988 (penulis masih di kandung badan) waktu kita baru punya 1 stasiun Televisi alias TVRI (Televisi Republik Indonesia), mereka udah berhasil membuka terowongan terpanjang di dunia yang sampai saat tulisan diterbitkan belum ada tandingannya.
Walau begitu, saya pribadi juga tidak bermaksud mengecilkan usaha bangsa kita Indonesia.
Buktinya pada kisaran tahun dibangunnya Seikan Tunnel , bangsa ini juga tengah melaksanakan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang ke III di periode 1984/1985 – 1988/1989, pada periode tersebut bangsa kita sedang mengkhususkan salah satu rencana pembangunannya dalam Program peningkatan/pembangunan jalan.
Meski pun agak terlambat dibanding negara kawan yang satu ini (toh mreka juga pernah menikmati kekayaan negara kita lewat pen*******nya yg berdurasi 3.5 tahun), pokonya kita harus semangat!!!!!
Saya percaya (harus), bangsa kita pasti bisa!!!!!!
No comments:
Post a Comment